Minggu, 02 Januari 2011

Manfaat Baik dan Buruk Minum Susu Kacang Kedelai

Susu kedelai adalah pengganti bagi orang-orang yang alergi terhadap susu sapi. Susu kedelai juga populer di kalangan vegetarian, karena bahan dasarnya yang berasal dari sari kacang kedelai. Setiap hal mempunyai nilai dan buruk termasuk susu kacang. Sekarang kita akan membahas apa manfaat baik dan buruk dari susu kacang, yakni
Manfaat baik minum susu kedelai

1. Pengganti susu sapi yang sehat
Susu kedelai merupakan alternatif yang sehat sebagai pengganti susu sapi dan susu kambing. Susu kedelai adalah sumber protein yang baik, mengandung semua asam amino esensial, ditambah lagi memiliki asam lemak esensial, kolin, vitamin, mineral dan fitonutrien. Dan selain itu susu kedelai mengandung 42 kali jumlah mangan yang penting untuk pembentukan tulang. Dan mengandung mangan untuk menyimpan zat besi baik untuk orang yang anemia.

Susu kedelai mengandung empat kali lebih banyak jumlah thiamin (vitamin B1) dan hampir dua kali jumlah niasin (vitamin B3) dibandingkan dengan susu sapi. Susu kedelai juga berisi lebih banyak magnesium, tembaga dan mangan dari susu sapi.

2. Menurunkan kolesterol jahat
Susu kedelai tidak bebas lemak. Susu kedelai memiliki 2 persen lemak lebih sedikit dari susu sapi, tapi tidak mengandung kolesterol jahat. Susu ini berisi sekitar 9 kali lebih sedikit lemak jenuh dibandingkan susu sapi. Selain itu, susu kedelai memiliki 10 kali lebih banyak asam lemak ketimbang susu sapi, yang merupakan lemak sehat.

Selain itu susu kacang bisa mengurangi resiko penyakit jantung koroner. Kandungan phytochemical, yang berlimpah dalam susu kedelai mampu melindungi hati kita

Nilai buruk minum susu kedelai

1. Mengurangi kesuburan pria
Susu kedelai mengandung fitoestrogen isoflavon, yakni zat dalam kedelai yang mirip dengan hormon estrogen dan dapat mempengaruhi keseimbangan hormon seks pada pria maupun wanita dan dapat mengurangi kesuburan pada pria dan dapat mengurangi konsentrasi sperma.

Selain isoflavon, kedelai juga mengandung genistein dan daidzein, yang keduanya juga bertindak mirip estrogen dan dikenal sebagai fitoestrogen (estrogen yang diproduksi tanaman).

Kelebihan hormon estrogen pada pria secara nyata dapat menyebabkan pembesaran payudara (ginekomastia), melambat pertumbuhan rambut jenggot dan menghilangnya rambut di tangan dan kaki. Yang paling buruk, kelebihan estrogen dapat menyebakan gangguan ereksi. Efek ini akan terasa lebih besar untuk pria yang kelebihan berat badan dan obesitas dibandingkan dengan pria kurus.

2. Efek samping dari kacang kedelai hasil rekayasa genetika
Susu kedelai yang berasal dari kacang kedelai hasil rekayasa genetika dapat meningkatkan resiko penyakit atau efek samping, seperti kesulitan pencernaan, masalah jantung, disfungsi tiroid, memodifikasi struktur uterus dan ovarium, bahkan dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi.
http://www.tdwclub.com/health/manfaat-baik-dan-buruk-minum-susu-kacang-kedelai/

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host