Senin, 21 Februari 2011

Pilkada Balikpapan dan Harapan Masyarakat.

Balikpapan mengalami moment penting yaitu pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah
Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan  secara langsung.
Janji - janji seputar calon dan visi-misi pasangan calon pun menjadi bahan perbincangan di masyarakat.


Pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah secara langsung adalah dimana rakyat sendiri yang menentukan secara langsung siapa yang dianggap pantas untuk menjadi pemimpin.
Pilkada sebagai perwujudan demokrasi tidak sekadar sebuah tanda kemajuan ketatanegaraan tetapi lebih sebagai partisipasi rakyat dalam menentukan figur pemimpinya yang amanah.
Oleh sebab itu masyarakat harus lebih kritis sebelum menentukan pilihannya.

Masyarakat perlu mempertanyakan apa persoalan yang sedang dihadapi daerah ini. Di sini masyarakat perlu melihat fakta sosial yang ada misalnya : Masalah Korupsi, pengurusan surat yang melibatkan birokrasi, kemacetan, pengangguran, dll.
Partisipasi aktif rakyat dalam Pilkada Walikota dan Wakil Walikota yang demokratis sangat penting. Di sini rakyat mempunyai hak untuk menentukan calon yang mempunyai akuntabilitas yang mampu mengubah wajah daerahnya. 

Maka masyarakat perlu melihat pasangan yang berpotensi untuk menjadi orang nomor satu di daerah Ini. Masyarakat dapat melihat tentang semangat para calon, semangat mengorbankan interest pribadi untuk kemaslahatan dan kebaikan Masyarakat  banyak. Misalnya, kalau ada penderitaan masyarakat seperti bencana tanah longsor atau Banjir  ”mereka” mengorbankan kepentingan diri dan hadir di tengah penderita / korban

Dengan ini masyarakat mengenal dan menaruh kepercayaan kepada mereka.
Rasa percaya rakyat kepada ”mereka” tentang apakah ”mereka” mempunyai ketulusan hati untuk mendengar suara rakyat sekaligus menghargainya. Misalnya, ketika harga BBM naik masyarakat mulai bersuara, sejauh mana ”mereka” menaruh perhatian terhadap persoalan itu.
Sejauh mana rakyat percaya bahwa ”mereka” memiliki good will dan komitmen untuk mengembangkan dan memberdayakan rakyat melalui jalur dunia pendidikan atau sektor lainnya. 

Misalnya, kita melihat fakta sosial bahwa ruang pengangguran di daerah kita tidak hanya dihuni oleh orang yang tidak berpendidikan tetapi juga oleh mereka yang berijazah .http://www.metrobalikpapan.co.id Kenyataan ini menunjukkan dunia pendidikan kita belum mampu mencetak orang yang kreatif dan inovatif membuka lapangan kerja sendiri. Di sini kita dapat melihat sejauh mana usaha ”mereka” mengatasi masalah ini.

Beberapa hal di atas adalah sebagai wujud pelayanan kepada masyarakat dan masyarakat mempunyai modal untuk memotret dan memilih figur yang tepat yang mampu menjadikan Balikpapan sesuai dengan harapan masyarakat.

Selamat Ber- Pilkada, kondisi yang kondusif selalu kita kedepankan.
Siapapun yang menang itu Kemenangan Kita Bersama.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host