Kamis, 10 Maret 2011

TIPS MEMBUKA TOKO ONLINE

Toko online merupakan fenomena yang sangat menarik. Hal ini dikarenakan bisnis dengan menggunakan toko online memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan toko konvensional baik ditinjau dari segi efektifitas maupun efisiensi. Bahkan, toko online punya banyak kelebihan. Sudah murah, calon pembeli pun bisa datang dari mana saja.

 Beberapa keuntungan berbisnis dengan menggunakan toko online :
1.            Target market yang sangat luas, tidak hanya konsumen dalam negeri tetapi juga luar negeri. Dengan kata lain target marketnya tidak terbatas ke seluruh dunia.
2.            Hemat biaya. Dengan menggunakan toko online Anda bisa memangkas biaya karyawan maupun penyewaan tempat/kantor.
3.            Informasi yang disampaikan bisa lebih banyak sehingga konsumen dapat memperoleh gambaran yang lebih baik tentang produk/jasa yang Anda tawarkan.
Untuk membuat Toko Online ada beberapa hal yang perlu di jalankan :

-          Pilihlah Hosting, Ada beberapa tempat yang menyediakan fasilitas hosting gratisan seperti blogger.com (blogspot), multiply.com, wordpress.com. Pada awalnya, fasilitas gratis ini adalah tempat kegiatan blogging pada umumnya seperti berbagi cerita dan foto. Namun, dalam perjalanannya dimanfaatkan untuk kegiatan jualan. Walaupun fasilitas kurang optimal dalam penerapan toko online.
-          Jika Anda Ingin gampang membuat Toko online, Kini telah banyak layanan jasa pembuatatoko online dengan Hosting berbayar dan tampilan lebih profesional. Ada yang sistem+ maintenan setahun Rp. 500.000 tergantung pada luasnya permintaan Hosting Anda. Dengan memakai layanan ini, toko online kita lebih serius dengan memakai alamat dan tampilan sesuai yang kita inginkan.
-          Buatlah nama domain dengan kata kunci yang gampang diingat dari jualan toko online Anda. Dengan memakai kata kunci ini, toko online kita gampang ditemui oleh pengunjung melalui mesin pencari /search engine.
-          Buatlah tata cara belanja secara jelas dan mudah dipahami oleh calon pembeli seperti aturan Cara pemesanan,  Cara pembayaran, dan  Cara pengiriman.
-          Pasanglah alamat Anda, email, dan nomor telepon yang bisa dihubungi dengan jelas. Bila perlu, pasang foto Anda untuk lebih meyakinkan.
-          Pilihlah rekening bank yang memiliki jaringan nasional dan daftarkan rekening pembayaran toko Anda dengan fasilitas internet banking untuk memudahkan kontrol pembayaran dari pembeli produk Anda.
-          Kemas barang pesanan dengan memperhatikan segi keamananan. Pastikan barang tidak rusak sampai tujuan. Pilihlah jasa pengiriman yang terpercaya dan murah. Simpan nota/resi pengiriman untuk kontrol pengiriman.

Berikutnya yang Anda jalankan adalah Promosi, Anda Tidak bisa hanya duduk menunggu calon pembeli jika Anda tidak mempromosikan Toko Online Anda, membangun Toko Online butuh kesabaran dan Promosi secara kontinyu, Ada beberapa Hal yang bisa menjadi referensi Anda dalam promosi Toko Online:
1.            Lakukan promosi online melalui media-media iklan baris baik yang gratis maupun berbayar.
2.            Bertukar link banner dengan sesama toko online.
3.            Bergabunglah dengan komunitas-komunitas online.
4.            Lakukan promosi offline dengan memanfaatkan kendaraan Anda atau teman, seragam kerja karyawan, kop surat, amplop, nota, kartu nama, hadiah/souvenir, dll. dengan memasang nama toko online Anda.
5.            Berikan pengetahuan produk serta deskripsi produk dengan detail, jelas dan meyakinkan pengunjung untuk membeli. Tampilkan foto-foto produk semenarik mungkin.
6.            Buatlah Artikel yang berhubungan dengan Produksi Anda sebanyak-banyaknya, Agar dapat dicari oleh mesin2 pencari / search engine.

Untuk sarana belajar sambil Jualan di Toko Online, Anda bisa menggunakan Hosting gratisan seperti blogger.com dan dapat menggunakan domain dot com agar lebih bergengsi dimata calon customer kita.
Nanti pada akhirnya jika Toko Online Anda kebanjiran Pengunjung Sudah saatnya Anda Beralih Ke Hosting berbayar dan Tampilan yang lebih Profesional.

Semoga Bermanfaat.


Tag.
Cara membuat Toko Online
Tips membuat Toko Online
Cara Mudah Membuat Toko Online.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host