Sabtu, 31 Mei 2008

Perkampungan Atas Air Marga Sari

Perkampungan Atas Air Marga Sari

Oleh: Jefriansyah (SMAN 8)

Obyek/lokasi wisata yang ada di Kota Balikpapan sangat bervariasi, dan semuanya mempunyai potensial yang sangat bagus, namun semuanya terbilang biasa-biasa saja, karena obyek-obyek wisata yang ada di kota “Beriman” ini seperti pantai, taman, hutan lindung, monumen dan lainnya adalah obyek-obyek wisata yang umum dan dapad dijumpai di tempat/derah lain.
Balikpapan akan lebih dikenal oleh masyarakat luas jika mempunyai obyek wisata yang berbeda dengan obyek wisata lainnya yang tidak akan ditemukan di daerah lain, bahkan bisa dibilang hanya ada satu di sunia. Obyek wisata tersebut adalah “Perkampungan Atas Air.”

Mengenalkan obyek wisata perkampungan atas air pada masyarakat umum untuk lebih menunjukkan keunggulan kota Balikpapan dalam pariwisata. Memperkenalkan wajah budaya Kota Balikpapan, dan juga memperlihatkan keunikan masyarakat Balikpapan yang ada di obyek wisata tersebut yang sangat ramah dengan keunikan budayanya.
Perkampungan Atas Air adalah obyek wisata yang berada di tepian selat Balikpapan. Nah, kalau kita ke obyek wisata ini, maka kita akan melihat keunikan masyarakatnya membangun rumah di atas air, mulai dari rumah yang mewah, kumuh, hingga rumah-rumah adat, dan semuanya tersusun dengan rapi. Juga ada kafe-kafe yang berada di pinggir jembatan yang bahannya dari kayu ulin, taman mangrove, dan lain-lain.
Tentu saja obyek wisata ini amat unik, dan cuma ada di Kota Balikpapan. Obyek ini menawarkan banyak hiburan. Pemukiman-pemukiman yang ada, juga berbeda dengan pemukiman-pemukiman atas air yang ada di kota lain, lantaran di lokasi ini semua rumah tersusun rapi, bersih, karena masyarakat di sini sangat ramah kepada siapa saja.
Selain unik, wisata atas air ini juga memiliki kelebihan panoramanya, keindahan Teluk Balikpapan, taman mangrove, berhadapan langsung dengan Pertamina dimana saat malam hari akan terlihat kelap-kelip lampu-lampu di kilang minyak Pertamina dan juga sunset saat matahari terbenam. Oh, semuanya sangat memesona.
Apalagi sambil menatap keindahan Teluk Balikpapan, sunset dan kilang Pertamina dengan menyantap minuman dan makanan yang tersedia di kafe-kafe di kawasan itu. Sungguh lokasi wisata ini sangat strategis, dan akses jalan menuju ke wisata ini sangat lancar dan tentu saja bebas macet. Dan lokasinya berada di ujung pemukiman Sepaku, sehingga mulai jalan masuk menuju lokasi akan terlihat pemukiman penduduk yang unik. Udah pasti akan membuat setiap pengunjung akan terkesima, terkesan dan terpuaskan.
Lantaran itu, mari sama-sama kita jadikan obyek wisata ini menjadi obyek wisata unggulan Kota Balikpapan dengan mengunjungi obyek wisata ini. Bersama kita jaga kebersihan dan kenyamanan obyek wisata ini, dan sebaiknya pemerinta lebih fokus menjadikan obyek wisata ini sebagai lokasi wisata unggulan, agar tidak saja wisatawan lokal, tapi juga wisatawan mancanegara akan datang berkunjung.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host