Sabtu, 31 Mei 2008

MAKAM PRAJURIT JEPANG DI PANTAI LAMARU

MAKAM PRAJURIT JEPANG DI PANTAI LAMARU
Oleh : Maryani (SMPN 9)

Kota Balikpapan memang bukan Pulau Dewata Bali yang begitu kesohor alam dan budayanya. Tapi jangan salah, Balikpapan juga memiliki sejumlah obyek wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Balikpapan yang juga lebih dikenal sebagai Kota Minyak (Oil City), karena di salah satu sudut kota ini ada kilang minyak milik Pertamina. Meski bukan sebagai penghasil, cuma sebagai pengolah. Tangki-tangki minyak itu akan terlihat sangat indah di malam hari dan itu bisa dinikmati dari ketinggian gunung Komendur atau gunung Balikpapan dan beberapa tempat yang tinggi lainnya.


Tapi kalau mau menikmati putihnya hamparan pasir pantai, segera saja ke pantai Manggar Segara Sari atau ke pantai Lamaru. Kedua pantai ini memang merupakan wisata andalan bagi Balikpapan. Setiap hari-hari libur atau hari-hari besar lainnya, seperti hari raya, maka pantai ini akan dijubeli pengunjung dari luar Balikpapan.
Selain bisa menikmati indahnya hamparan pasir pantai, di pantai Lamaru ada makam prajurit Jepang yang gugur ketika Perang Dunia (PD) kedua. Makam itu memang merupakan tanda puluhan atau ratusan prajurit Jepang yang telah disatukan sejak tahun 1990 lalu oleh Pemerintah Kota Balikpapan, dan batu nisannya dibikin dengan ukuran besar dan bertuliskan aksara kanji atau huruf tradisional Jepang.
Sayangnya, makam prajurit Jepang yang berada di pesisir pantai Lamaru itu, tidak dilengkapi dengan data-data yang mendetail bagi wisatawan yang datang kesana. Keadaannya juga kurang terawat, padahal makam ini selalu dikunjungi oleh orang-orang Jepang setiap tahunnya. “Sekarang makam itu memang agak kurang terawat,” kata beberapa penduduk Lamaru. Sungguh sayang kan, kalau salah satu cagar budaya ini kurang mendapatkan perhatian serius dari pemerintah kota.
Bergeser lebih ke arah timur dari makam itu, bisa ditemukan beberapa vila yang dibangun untuk lebih melengkapi keberadaan pantai Lamaru. Keadaannya juga jauh lebih bersih dan indah. Pengunjung juga bisa merasakan wisata kuda. Kuda yang menarik sebuah andong yang bisa dinaiki lebih dari satu orang itu, menyusuri keindahan pantai. Tarifnya juga murah kok.
Ayo tunggu apalagi, segera nikmati tempat-tempat wisata yang ada di Balikpapan. Ajak seluruh keluarga, teman dan handaitolan untuk menghilangkan kepenatan dan juga streeesss karena selalu sibuk bekerja dan belajar. Ditanggung pasti akan membuat pikiran kembali segar dan makin mantap. Percaya deh.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host