Jumat, 05 Februari 2010

Pasar Inpres Kebun Sayur, Tempat Belanja Souvenir.

Balikpapan merupakan kota paling sibuk di pulau Kalimantan. Meskipun bukan sebagai ibu kota provinsi, tapi geliat ekonomi di kota tersebut sangat tinggi. Tingginya kegiatan ekonomi di Balikpapan ditunjang oleh banyaknya perusahaan minyak yang beroperasi di kota ini. Selain perusahaan BUMN Pertamina, di kota ini banyak perusahaan minyak asing, Kontrak Produksen Sharing (KPS) Pertamina yang beroperasi sejak puluhan tahun silam. 
Balikpapan sudah menjelma menjadi kota yang sangat sibuk dengan aktivitas ekonomi yang tinggi. Saat ini kota tersebut terus berpacu membangun berbagai infrastruktur untuk menunjang perekonomian. Plasa dan mal baru terus dibangun menjulang tinggi, di ikuti dengan sejumlah hotel, baik itu kelas Melati hingga bertaraf Internasional. Begitu juga dengan perumahan yang terus tumbuh menempati kawasan perbukitan yang banyak terdapat di kota ini.
Meskipun dijejali dengan pusat perbelanjaan modern, tapi di Balikpapan masih ada pasar tradisional yang tetap eksis bahkan menjadi salah satu tujuan wisata di kota ini. 
Namanya Pasar Inpres Kebun Sayur yang terletak tak jauh dari Stadion Persiba Balikpapan.


 Dan Jangan heran, meskipun namanya Pasar Kebun Sayur, tapi di tempat ini tidak ada yang jualan sayur mayur. Pasar ini sekarang menjadi pusat sovenir bagi orang luar yang berkunjung ke Balikpapan.
Di pasar ini kita bisa mendapatkan aneka perhiasan, aksesoris dan barang khas dari Kalimantan yakni aneka bebatuan. Ratusan kios di pasar ini menjual batu perhiasan yang memang banyak terdapat di bumi Kalimantan, diantaranya Kecubung. 


Menurut para pedagang batu di pasar tersebut, Kecubung asli dari Kalimantan memang banyak dicari oleh penggemar perhiasan. ’’Biasanya mereka yang datang ke sini ingin mencari batu perhiasan. Bukan hanya batu mulia dari bumi Kalimantan saja yang dijual di pasar ini. Para pedagang di sini juga menjual batu jenis lain, seperti Giok, Kalimaya, Mata Kucing, Blue Savir, Jamrud, Mira Delima. Batu perhiasan itu djual dengan harga bervariasi tergantung jenisnya, mulai Rp 25 ribu sampai jutaan.
Kalau Anda tidak faham tentang batu pehiasan, lebih baik tidak membeli batu yang harganya mahal, kecuali ada teman yang mengerti seluk beluk bebatuan yang bisa memberi advis. Bagi orang awam, batu-batu itu sama saja, benda padat dengan warna yang khas dan memancarkan cahaya. 



Biasanya yang membeli batu-batu khusus dengan harga ratusan ribu sampai jutaan itu sudah faham tentang seluk beluk batu, tapi bagi pemula hanya beli batu yang biasa-biasa saja seharga puluhan ribu.
Selain dagangan ‘berbagai macam batu’, di pasar kebun sayur juga banyak dijual souvenir maupun aksesoris, kain batik, barang pecah belah dan sebagainya dlm bentuk khas Kalimantan, baik yang masih berupa jadi maupun belum atau dalam proses pengolahan. 



Bukan hanya itu pengrajin kayu dan rotanpun ada di Pasar Inpres Kebun Sayur, mereka menyediakan berbagai macam bentu-bentuk yang sangat unik sehingga kita tertarik untuk membelinya sebagai pajangan atau hiasan dirumah maupun oleh-oleh yang bercorak kalimantan terutama Balikpapan. 


Inilah mengapa pasar kebun sayur selalu jadi tujuan wisata utama bila berkunjung ke Balikpapan, terutama untuk para Ibu dan wanita pecinta pernik-pernik. Juga bagi para Bapak yang ingin membelikan oleh-oleh. 



Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host