Kamis, 19 Februari 2009

SEDEKAH SEBAGAI PERISAI AZAB DAN JALAN

Sedekah dan infak di jalan kebaikan merupakan tebusan dari seorang hamba atas pembalasan dan cara melepaskan diri dari siksa.contoh sebagaimana yang di sebutkan di dalam hadits:seseorang yang di tawan musuhnya.tangannya yang di ikatkan pada lehernya.kemudian musuhnya hendak memenggal kepalanya.dia berkata,saya akan,menebusnya dengan sesuatu yang sedikit maupun banyak”maka jiwanya pun tertebus dari musuhnya itu.



Betapa banyak nash yang menceritakan bahwa sedekah merupakan penghalang dan hijab bagi seorang hamba ; diantara dirinya dan adzab . Diantara nash itu adalah hadits dari Abu Huraira . tentang nikmatnya dan adzab kubur yang mengandung penjelasan bahwa sedekah dan amal kebaikan dapat menolak Adzab kubur .
Sebagaimana Nabi Muhammad bersabda :

Sesungguhnya ketika Mayat di letakkan di kuburannya , dia akan mendengar gesekansandal orang yang meninggalkannya . Jika dia seorang mukmin , maka diatas kepalannya ada shalat, puasa di sebelah kirinya , zakat di sebelah kanannya , adapunperbuatan baik dari sedekah dan mengeratkan hubungan ,ma’ruf dan ihsan kepada manusia berada pada kedua kakinya .Kemudian datanglah shalat dari arah kepala seraya berkata ,’Dari arahku adalah pintu masuk , Datang puasa dari arah kanannya seraya berkata ,Dari arah ku adalah pintu masuk .Kemudian datanglah zakat dari arah kirinya seraya berkata ,Dari arahku adalah pintu masuk , Kemudian datanglah dari kedua kakinya perbuatan baik dari sedekah dan mengeratkan hubungan ma;ruf dan ihsan kepada manusia seraya berkata , dari arahku adalah pintu masuk ...’ “

Dan juga diantaranya ada Hadits yang mengandung ancaman bagi para pemilik harta , sebagaimana sabda beliau:

ancurlah orang yang mengumpulkan banyak harta,kecuali yang berkata ,begini, begini,dan begini –tiga kali dengan mendorong dari kanan ,kirinya dan diantara keduanya dan sedikitlah dari para mereka .
Pada riwayat yang lain beliau bersabda :

Celaka orang yang memperbanyak hartanya ...

Dalil yang lain lagi , sebagaimana Rosulullah bersbda
Barang siapa yang membebaskan Budak muslimah , niscaya pembebasanya itu dari api Neraka adalah setiap dari anggota badan .”
Hadits Abu Sa’id Al-Khudri yang diantar oleh sabda Rosulullah:
Wahai sekalian kaum Wanita , bersedekalah kalian dengankarena saya sesungguhnya saya telah melihat bahwa kalian adalah penghuni banyak-banyak penghuni neraka . mereka bertanya kenapa begitu wahai rosulullah ?Nabi menjawab ,’Kalian banyak melaknat dan menjauhi hubungan..’”

Ibn Hajar berkata di dalam syarahnya , “sesungguhnya sedekah itu menolak Azab dan juga dapat menghapus dosa diantara para manusia ,”
Asy-Syaukani berkata pada saat sedang menyebutkan faeda dari hadits tersebut di atas ,”Dan diantaranya , bahwa sedeka itulah yang dapat menolak adzab . Karena Rosulullah memberikan alasan banyaknya wanita sebagai ahli neraka ,sebab banyak diantara mereka yang kufur terhadap nikmat dan lainnya .
Betapa seringnya nabi Muhammad menganjurkan umat beliau untuk memberikan sedeka ,sedikit , sebagai hijab diantara dirinya dengan api neraka ,beliau bersabda di dalam hadits Adiy bin Hatim :

“Tidaklah satu diantara kalian kecuali akan mendapatkan kesempatan berbicara dengan Rabb-nya tanpa penerjema . Kemudian di lihat , siapakah yang paling baik dan tidak di pandang kecuali apayang dia persembahkan dari amalnya. Dan dilihat pula siapa yang paling buruk di antaranya , maka tidaklah didapatkan kecuali yang tidak mempersembahkan apa-apa da dia melihat apa yang ada di antaranya dan tidaklah terlihat dari api neraka yang ada di hadapan wajahnya . maka hendaklah kalian melindungi diri kalian dari api neraka , meski hanya sedikit kurma .”
Rosulullah bersabda di dalam riwayat yang lain
“Siapa saja dari kalian yang dapat menghalangi dari api neraka meskipun dengan sebiji kurma , hendaklah dia melakukannya .
Rasulullah bersabda pada hadits Fadhala bin Ubaid .
“Jadikanlah penghalang di antara dirimu dengan api neraka meskipun dengan sebiji kurma .”

Dan beliau juga bersabda di dalam hadits Anas
Bebaskan diri kalian dari api neraka , walaupun dengan sebiji kurma .”
Dan beliau berkata kepada sang istri , Ummul Mukminin Aisyah :
Wahai Aisyah , lindungi dirimu meskipun dengan sebiji kurma ,karna itu bisa mengganjal dari si lapar agar kenyang .”
Efek sedekah ternyata tidak hanya sebatas memadamkan panasnya kubur atau jilatan api neraka jahanam . bahkan sedekah dapat menolak rasa takut dan sedih dari seorang hamba kemudian dapat rasa aman , juga termasuk jalan utama memasuki surga , berikut ini adalah nash yang menjelaskanya :

Allah berfirman:
:Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan , maka mereka mendapat pahala dari sisi Rabb-nya . tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati .” (QS.Al-baqarah[2]:274)

Semua hal yang mencakup infak demi ketaatan kepada Allah dan semua jalan yang diridhoinya , baik itu untuk orang fakir tersesat atau di jalan Allah untuk meninggikan dan membela martabat agama , dan juga mencakup semua waktu dan kondisi
Sayyid Quthb berkata ,”Maka mendapat pahala di sisi Rabb-Nya secara mutlak dan di lipat gandakannya harta, berkahnya umur dan pahala akhirat , serta ridha Allah , Tidak ada kekhawatiran dari apa pun dan tidak (pula) mereka bersedih hati tidak ada kekhawatiran daru apapun , tidak pula sedih dari sebab apa pun baik di dunia dan di akhirat .”

Allah berfirman :
“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabb-mu dan dan kepada surga yang ]
Luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa ,(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya) , baik diwaktu lapang maupun sempit , dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan ) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan .”(QS. Ali Imran [3]:133-134)
Yangmana Allah menjelaskan sifat penghuni surga seraya menerangkan cirri khas yang memungkinkan masuk kedalam surga yaitu berinfak kedalam semua perkara yang di ridhai-Nya dan berbaik hati kepada segenap manusia dengan berbagai macam kebaikan .
Adapun dari nash nabawi yang menjelaskan bahwa sedekah merupakan sarana masuk surga

adalah nash berikut ini :
“Empat puluh macam kebiasaan yang tertinggi adalah penberian kambing .Tidak kah satu dari kebiasaan itu di lakukan dengan penuh harap pada balasanya serta mencapai janjinya kecuali Allah akan memasukanya ke dalam surga .”


Manfaat Nyata Sedekah

Ibnu daqiq al-‘id berkata di dalam syarahnya,”dalam hadits tersebut menunjukan di sunnah kannya bersedekah ketika ada rasa takut ,yaitu takut untuk menolak bencana yang berbahaya.

”Sedekah juga dapat menjaga badan,menolak bala dan penyakit bagi yang bersedekah.berikut adalah hadits yang menunjukan hal itu :
“obatilah si sakit di antara kalian dengan bersedekah.”



Ibnu al haj berkata,”dan yang di maksudkan dengan sedekah adalah si sakit membeli dirinya dari rabb nya sebanyak yang dia setarakan di sisinya.sedekah pasti akan memberikan pengaruh karena yang mengabarkannya adalah rasullulah ash.shidiq (terpercaya)dan yang di sampaikan dari beliau adalah sang maha pemberi.

Seseorang mrminta obat kepada ibnu al mubarok tentang luka yang ada di lututnya sejak tujuh tahun lamanya.sementara para dokter telah berputus asa.kemudian ibnu al mubarak memerintahkannya untuk menggal sumur di tempat yang mana banyak orang sedang membutuhkan air.beliau berkata,”saya harap dari dirinya akan terpancar air dan dengan itu darahnya dapat terhenti,wajah abu Abdullah al hakim-pengarang al-mustadrak juga pernah terluka beberapa tahun lamanya.beliau meminta tolong kepada orang yang berbaik hati untuk mendoakannya,maka mereka pun memperbanyak doanya.

kemudian beliau pun bersedekah kepada kaum muslimin dengan membuat fasilitas air minum di depan pintu rumahnya dan di tuangkan air di dalamnya ,maka banyak orang yang meminum darinya.tidak lama yaitu setelah lewat satu pekan maka beliau pun sembuh dan hilanglah luka itu dan wajahnya menjadi lebih indah dari yang telah lalu.”
Perkara itu sebagaimana yang di katakan al manawi,”perkara itu telah di alami oleh orang yang bersedekah pengobatan dengan jalan sedekah,kemudian mereka memperoleh obat penawar rohani yang dapat bereaksi ketika obat biasa tidak dapat memberikan pengaruhnya.hal itu tidak di pungkiri oleh siapapun,kecuali yang telah terhijab tebal.

Tidak hanya itu saja,bahkan sebagian salaf berpendapat bahwa sedekah dapat menolak bencana,meskipun dia (pelaku sedekah ed-)berbuat zalim.”
Sebaliknya tidak bersedekah dapat mendatangkan bencana bagi seorang hamba.hadits yang menjelaskan hal itu adlalah Anas bin malik. “bahwasannya malaikat jibril berkata kepada yaqub dari allah .,kenapa aku (allah)mencabut penglihatanmu,aku bongkokan punggungmu,dan saudara saudara yusuf melakukan itu?itu karena ketika engkau menyembelih kambing,kemudian seorang miskin datang kepadamu sedangkan dia kelaparan,dan engkau tidak memberinya sedikit pun.”

PAHALA SEDEKAH SANGAT BESAR DAN BERLIPAT.

Allah akan menumbuhkan sedekah,melipat gandakan ganjaran pelakunya serta meninggikan derajatnya.nash yang menjelaskan hal itu telah mutawatir. Allah telah berfirman dalam alquran yang menjelaskan bahwa sedekah itu akan di lipat gandakan dan akan terus di tambah.:
“sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (allah dan rasulnya),baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada allah dan meminjamkan kepada allah pinjaman yang baik,niscaya akan di lipat gandakan(pembayarannya)kepada mereka dan bagi mereka yang pahalanya banyak.”(QS.AL.HADID{57}:18)


Allah akan menumbuhkan sedekah,melipat gandakan ganjaran pelakunya serta meninggikan derajatnya.nash yang menjelaskan hal itu telah mutawatir. Allah telah berfirman dalam alquran yang menjelaskan bahwa sedekah itu akan di lipat gandakan dan akan terus di tambah.:
“sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (allah dan rasulnya),baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada allah dan meminjamkan kepada allah pinjaman yang baik,niscaya akan di lipat gandakan(pembayarannya)kepada mereka dan bagi mereka yang pahalanya banyak.”(QS.AL.HADID{57}:18)
Ayat dalam surat al hadid tersebut menjelaskan,”bahwa para pemberi sedekah baik laki-laki maupun perempuan tidak memberikan sedekahnya kepada pemungut sedekah dan tidak bermuamalah dengan sedekahnya kepada manusia,melainkan mereka sedang memberikan pinjaman pada allah secara langsung.maka dari itu,motivasi apa lagi yang lebih dalam dan kuat dari rasa mamberi kepada sang maha kaya dan maha terpuji,dan bahwasannya dia sedang bermuamalah dengan pemilik kehidupan.semua yang di infakan atasnya akan di lipat gandakan dan di tambah dengan pahala yang besar!?”
Dan allah berfirman:
Sipakah yang bersedia memberi pinjaman kepada allah,pinjaman yang baik(menafkahkan hartanya di jalan allah )maka allah akan memperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak.”(QS.AL BAQARAH{2):245)
Al jashash berkata pada saat menjelaskan pemberian nama sedekah dengan pinjaman oleh allah,”pemberian nama allah ‘pinjaman maka hal itu menegaskan haknya mendapat pahala.bukankah pinjaman itu berhak untuk mendapatkan gantinya?”

Pintu semua amal kebaikan

Pintu semua amal kebaikan.
Allah menjadikan sedekah dan infak pada apa yang telah di ridhoinya sebagai kunci terbaik dan motivasi bagi seorang hamba untuk menggapai segala macam kebaikan.hal itu di karenakan harta merupakan sesuatu yang di senangi oleh hati.maka barang siapa yang mengedepankan cinta allah atas dirinya dengan memberikan harta kepada orang yang membutuhkan dan membeli agamanya,niscaya allah akan memberikan taufik untuk beramal shalih serta akhlak mulia yang tidak dapat di gapai kecuali hanya dengan itu

dia akan memperoleh sebuah jalan yang memudahkannya untuk melakukan amal kebaikan yang lainnya dan tidak akan bermaksiat.perihal tersebut di atas di tunjukan allah dalam firmannya:”adapun orang yang memberikan(hartanya di jalan allah)dan bertaqwa,dan membenarkan adanya pahala yang terbaik(surga),maka kami kelak akan menyiapkan baginya jalan yang mudah.”(qs.al-lail[92];5-7)
As-sa’di berkata di dalam tafsirnya,”maka kami kelak akan menyiapkan baginya jalan yang mudah,yakni kami(allah)akan memudahkan semua hal kebaikan dan memudahkannya untuk meninggalkan keburukan;karena dia telah mengajarkan perkara yang mendatangkan kemudahan maka allah pun memudahkannya.”
Dan allah telah menjelaskan di dalam firmannya:”kamu sekali-kali tidak sapai pada kebajikan (yang sempurna),sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai.(qs.ali imran [3];92)
Maksudnya adalah kalian tidak mendapatkan hakikat kebajikan yang mana para pesertanya berlomba-lomba untuk mendapatkannya dan tidak akan mendapati tujuannya serta tidak sampai kepada golongan orang-orang yang sempurna,kecuali kalian telah menginfakan sebagian harta kalian yang mempesonakan diri kalian.sungguh para sahabat telah meresapi taujih rabbani ini.maka dari itu,mereka semangat untuk mendapatkan kebajikan dan kesempurnaan dengan melepaskan diri dari mereka yang apa sukai.mereka juga merelakan sebagian harta mereka demi membeli agamanya dan memenuhi si kebutuhan miskin.jiwa mereka begitu loyal demi mendapatkan pahala dan kebaikan dari allah.sehingga tidak heran jika salah satu di antara mereka ada yang menyukai Sesuatu kemudian merelakannya untuk allah dengan harapan untuk mendapatkan kebajikan yang hakiki.
Seperti halnya abu thalhah yang merupakan orang anshor yang paling banyak hartanya.(kaya raya.ed)di madinah.harta yang paling di senanginya adalah kebun bayraha”miliknya dan pada saat ayat ini turun,maka dia mendatangi rasullulah seraya berkata sesungguhnya allah telah berfirman kamu sekali-kali tidak sampai pada kebajikan(yang sempurna),sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai.dan harta yang paling saya cintai adalah kebun bayraha.kebun itu untuk sedekah kepada allah dan mengharap kebaikannya semata.maka pergunakanlah kebun itu sekehendakmu,wahai rassluulah….”
Kemudian pada saat ayat itu turun ,zaid bin haritsah berkata “ya allah,sungguh,engkau mengetahui saya tidak memiliki harta yang lebih saya cinta selain kudaku ini.”lalu dia pun mendatangi nabi Muhammad seraya berkata”ini(untuk)di jalan allah.”rasullulah bersabda:”sungguh sllsh telah menerimanya darimu.”umar bin khatab menulis surat kepada abu musa al syari untuk menjual budak perempuannya.pada saat ekspansi di kota kisra,yaitu pada saat peperangan sa’ad bin abi waqas.kemudian umar bin khatab memintanya untuk membawa serta budak itu.diapun kagum seraya berkata:’sesungguhnya allah telah berfirman “kamu sekali kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna),sebelm kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu di cintai.kemudian dia memerdekakan budak itu .abdullah bin umar berkata “ketika saya membaca ayat ini ‘kamu sekali kali tidak sampai pada kebajikan (yang sempurna)sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai.”ketika saya mengingat ingat anugerah allah yang ada padaku,maka tidak lebih saya cintai dari budaku,rhidiyah.saya berkata ,”dia bebas karena allah’”.suatu ketika dia menaiki tunggangannya yang besar dan mengagumkannya.maka dia derumkan dan sedekahkan karena allah.istri umar bin abdul aziz memiliki budak wanita yang sangat cantik.umar pun menyukainya.umar sering kali memintannya.namun istrinya juga tidak memberinya.setelah beliau menjabat sebagai khalifah,maka istrinya menghiasi budak nya kemudian mengirimkan kepadanya seraya berkata “sungguh saya merelakannya untukmu sehingga bisa menjadi khadimu wahai amir al mukminin umar menjawab dari mana kamu membelinya?dia menjawab’”saya membawanya’dari rumah abdul malik.kemudian umar memeriksa proses kepemilikannya dan di laporkan bahwa dahulunya budak itu di miliki oleh seorang pegawai hutang dan setelah wafat maka budak itu di ambil sepeninggalnya.kemudian di selidikilah keadaan si pegawai dan menghadirkan ahli warisnya yang semuanya merelakan untuk memberikan harta,kemudian ia menengok pada budak wanita itu ketika dia sangat berhasrat sekali,khalifah berkata”dirimu bebas karena allah demikianlah petunjuk para salaf,adakah mereka yang ingin meniti jalannya?

HARTA MENJADI BERKAH DAN REZEKI SELALU BERTAMBAH DENGAN SEDEKAH

Sedekah akan menjaga harta dari bencana dan mara bahaya,mendatangkan keberkahan serta menjadi salah satu jalan agar allah menggantikannya dengan sesuatu yang lebih bermanfaat,banyak ,dan bagi para pelakunya.hal itu telah di butuhkan oleh berbagai nash yang telah tetap dan juga pengalaman di lapangan.


Sedekah akan menjaga harta dari bencana dan mara bahaya,mendatangkan keberkahan serta menjadi salah satu jalan agar allah menggantikannya dengan sesuatu yang lebih bermanfaat,banyak ,dan bagi para pelakunya.hal itu telah di butuhkan oleh berbagai nash yang telah tetap dan juga pengalaman di lapangan.
Nash yang menjelaskan bahwa sedekah dapat mendatangkan rezeki:perkataan dari yang menumbuhkan perbendaharaanya tanpa henti dan awan rezekinya yang juga tidak pernah terhenti yaitu allah sebagai janji bagi mereka yang membelanjakannya pada ketaatan .
Allah berfirman.:
Katakanlah,’sesungguhnya rabb ku melapangkan rezekibagi siapa yang di kehendaki-nya di antara hamba-hamba nya dan menyemptkan bagi(siapa yang di kehendaki nya.’)
Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan,maka allah akan menggantinya dan dial ah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.”(QS.SABA’{34}39)
Ibnu asyur berkata di dalam tafsirnya,”hal itu di pertegas lagi dengan di pakainya shgat syarat,jumlah jawabnya adalah ismiyah dan dan mengedapankan musnad ilaih atas kabar fi’lfirman allah ‘maka allah akan menggantinya.’di dalam janji ini ada tiga perkara penegas yang menunjukan akan di tambahkannya inayah bagi yang dapat merealisasikannya…kalimat’dan dialah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya,’merupakan keterangan untuk memotivasi dan janji dengan di tambahkannyapembalasan yang lebih baik dari apa yang di sedekahkannya.”
Al-alamah as’sa’di berkata,”firman allah:dan barng apa saja yang kamu nafkahkan,”nafkah yang wajib maupun sunnah baik kepada kerabat dekat,tetangga,fakir,yatim,atau selainnya,’maka allah akan menggantinya,’maka jangan dikira bahwa berinfak justru mengurangi rezeki:akan tetapi di janjikan akan dig anti bagi pelakunya dari dia yang meluaskan dan menakar,”dan dialah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.”maka mintalah rezeki darinya.”
Betapa indahnya pernyataan sebagian orang yang mengatakan”sedekahkan apa yang di kantong,’niscaya akan datang kepadanya dari apa yang gaib.betapa cerdasnya ali ketika berkata”bacalah oleh kalian tempat-tempat mana saja yang akan mendapatkan ganti rugi.!sungguh saya telah mengetahui allah berfirman,’dan barang apa yang kamu mau nafkahkan ,maka bagaimana Allah akan menggantinya ,’ Jika kalian berinfak ,maka bagaimana Allah akan menggantinya ?”
Nash lain yang juga menunjukkan bahwa sedeka merupakan pintunya rizeki ; sebab di luaskanya ,berkesinambungkanya , dan mempermuda jalannya , dan bahwasannya sedeka tidak akan menambahkan pada hamba kecuali menjadi lebih banyak adalah firman Allah;
“Sesungguhnya jika kamu kamu bersyukur , pasti kami akan bertambah (nikmat) kepadamu .(”QS.Ibrahim [14]:7)
Karena sedekah adalah tujuan dari bersyukur.allah berfirman dalam sebuah hadits qudsi:
“wahai anak adam,berinfaklah niscaya akan aku berikan nafkah atasmu
Demikian nabi Muhammad bersabda
“tidaklah seorang membukakan pintu pemberian sedekah atau jalinan(silaturami-pent).
Kecuali allah akan menambahnya.dan nabi Muhammad bersabda:
“tidaklah seorang hamba berada pada waktu pagi kecuali ada dua malaikat yang turun,satu di antaranya berkata,”ya allah berilah ganti orang yang berinfaq,”dan yang lain berkata,”ya allah lenyapkan(apa yang ada pada –pent)orang yang bakhil.”


Tingginya kedudukan sedekah.

Tingginya kedudukan orang yang mengerjakan sedekah tidak hanya di akhirat semata,melainkan juga berlaku di dunia.maka barang siapa yang loyal akan terangkat dan bagi yang bakhil akan terhina.bahkan muhamad bin hayan berkata:setiap pemimpin_baik dalam masa jahiliyah maupun islam hingga tersohor kepemimpinannya,kaumnya melindunginya,dan di tuju oleh yang dekat maupun jauh-maka kepemimpinannya itu belumlah sempurna,kecuali dengan memberikan makanan dan menghormati tamu.”



Orang yang bersedekah memiliki kekuatan atas orang yang di sedekahinya.maka dari itu,ibnu samak berkata,”sangat mengherankan mereka yang membeli budak dengan suatu harga,namun tidak membeli.orang merdeka dengan kebaikan.
Muawiyahh berwasiat kepada anaknya yazid,”annaku,berbuat baiklah untuk mengendalikan mereka yang berada (mempunyai kemampuan secara materi,-ed.
Membuat condong rasa kasihnya ,membuat engkau agung di mata mereka,dan jauhilah penolakan (kikir tidak suka memberi)karena itumerupakan lawan dari kebaikan.

PENJAGAAN DARI MARABAHAYA.
Orang yang bersedekah tidak akan tertimpa bencana,meskipun sejatinya bencana tersebut menimpanya,karena bencana tidak menimpa sedekah.sedekah merupakan penghalang dari marabahaya,mengangkat bencana ataupun sakit yang tengah melanda.itu semua di tunjukan oleh nash dan sudah terbukti pada realitas.
Di antara hadits yang berbicara tentang hal itu:
“perbuatan kebaikan dapat mencegah dari pergolakan jahat,bencana,dan kehancuran”
Hadits lainnya yaitu hadits abu said:
“dan perbuatan baik itu melindungi dari kejahatan.”
Dan hadits rafi’I bin khadij.secara marfu’”:
Sedekah itu menutup tujuh puluh pintu keburukan.”
Demikian pula hadits anas yang mar’fu:
Sesungguhnya sedekah…dan menolak dari mati yang sengsara.
Hadits yang lain adalah sabda nabi Muhammad pada saat penduduk sedang panik karena terjadi gerhana matahari:
“jika kalian mendapati hal itu,maka berdoalah kepada allah,bertakbirlah kalian,laksanakan shalat,dan bersedekahlah.”


Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host