Minggu, 01 Juni 2008

Wisata Ziarah di Gunung Komendur

Wisata Ziarah di Gunung Komendur
Oleh : A Meinugraha (SMAN 7)



Gunung Komendur bukan saja sebagai kawasan hutan kota. Tapi ternyata di kawasan itu ada makam kerabat kerajaan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Makam Pangeran Adji Kemala Gelar Pangeran Adji Karta Intan yang wafat pada tahun 1933 silam di Balikpapan. Adji Kemala merupakan anak yang ke duapuluh dari Sultan Muhammad Suleiman yang memerintah kerajaan Kutai Kartanegara Ing Martadipura pada 1850-1899 silam.

Makam pangeran itu ditemukan pada hari Jumat, 19 Februari 2010. Sejak itu kawasan Gunung Komendur, Kampung Pelayaran, Prapatan, Balikpapan Selatan ramai dikunjungi orang yang mau membuktikan dengan melihat langsung makam tersebut. Jurukunci makam Suroto, menguraikan dengan ditemukannya makam tersebut merupakan fakta sejarah yang tak bisa dipungkiri. “Apa yang kami lakukan ini hanya ingin menguak fakta sejarah yang terlupakan,” katanya.
Selain makam yang telah diberi atang atau batur pelindung makam, di seputarannya juga ditemukan batu-batu berupa anak tangga menuju ke goa Jepang yang tak seberapa jauh dari lokasi makam Adji Kemala. Diperkirakan bebatuan yang berwarna coklat tua itu merupakan tangga atau tempat peristirahat Adji Kemala dan kerabatnya, sambil menatap Teluk Balikpapan dan tanki-tanki minyak nun di bawah sana. Sungguh suatu panorama yang memesona.
Dengan ditemukannya makam itu, maka kini bisa dibilang kalau Kota Balikpapan mendapatkan berkah. Kawasan disana dapat dipastikan akan lebih mengundang minat masyarakat untuk bisa melihat langsung makam tersebut. Apalagi jalan menuju ke sana tidak begitu sukar, ada jalan meski kecil, tapi sudah bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat.
“Kami terbuka bagi siapa saja yang mau melakukan ziarah ke makam,” kata Suroto, sang jurukunci makam. Tapi tentu saja dengan catatan, tidak boleh melakukan hal-hal yang bertentangan dengan agama, seperti memuja atau meminta hal-hal yang diluar akal sehat di makam itu.
Dengan ditemukannya makam Pangeran Adji Karta Intan itu, maka kini di Balikpapan ada lokasi atau kawasan yang bisa dijadikan kawasan wisata ziarah. Apalagi di sana juga ada kafe yang menjual makanan dan minuman ringan. Pokoknya sip deh, dan nggak bakal mengecewakan karena selain bisa melihat makam Pangeran Adji Karta Intan yang bergelar Adji Kemala itu, dari ketinggian gunung Komendur bisa menyaksikan bagaimana indahnya Teluk Balikpapan dengan kapal-kapal yang berlabuh di situ.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host